Senin, 23 Mei 2016

Tasbih Kokka (Kaukah)




















Tasbih Kokka (Kaukah)

Tasbih Kokka (Kaukah) merupakan tasbih yang saat dicari saat ini khususnya oleh pemeluk agama muslim, tasbih ini terbuat dari buah kokka atau kaukah semacam pohon palm yang tumbuh di daratan Timur Tengah, Turki, pinggiran sungai Nil hingga di daratan Afrika tepatnya di negara Nigeria. Saat ini permintaan akan buah kokka dan juga kayu kokka (kaukah) semakin meningkat diseluruh dunia, khuunya di negara-negara yang berpenduduk muslim.

Di Indonesia sendiri menjadi salah satu negara tersebsar yang kemudian mengimport buah atau kayu Kokka (kaukah) dalam jumlah besar lalu kemudian di produksi menjadi kerajinan-kerajinan tangan seperti tasbih, gelang, kalung, liontin, cincin hingga miniatur, untuk tasbih sendiri bisa kita temukan pengrajin terbesarnya ada di Kalimantan Selatan, tepatnya di Martapura, banyak sekali pengrajin rumahan yang membuat kerajinan dari bahan kokka ini, sehingga tidak heran bila peredaran Tasbih Kokka (kaukah) ini sangat banyak di Kalimantan.

Harga yang disajikan pun tidak mahal, untuk sebuah tasbih kokka (kaukah) 99 butir dengan ukuran butiran sedang dihargai Rp. 100.000,-. Buah kokka (kaukah) sangat baik dijadikan kerajinan karena memiliki tektur yang mudah mengkilap dan bahannya keras padat sehingga tidak mudah retak atau rusak.

Dengan banyaknya peminat Tasbih Kokka (Kaukah) saat ini sehingga mampu menyaingi popularitas tasbih gaharu dan tasbih kayu cendana, maka tak heran bila saat ini banyak penjual tasbih kokka di kalimantan meraup untung yang besar, apalagi hasil kerajinan sampai diekspor ke tempat asalnya yaitu di Timur Tengah sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar